Guestbook

Warung Internet

S.O.B. (Son of the Bitch)



S.O.B. mungkin adalah satu-satunya bentuk kata makian (swear word) dalam bahasa Inggris yang berbentuk singkatan. Selain diucapkan dalam bentuk singkatan,dia juga diungkapkan ‘secara lengkap’ dengan son of the bitch atau sonofabitch. Bitch secara harafiah bermakna ‘anjing betina’ namun secara idiomatis bermakna ‘wanita yang agresif dan ambisius yang bisa membuat kaum pria merasa terancam’. Kalau kata bitch dapat digolongkan dalam kata profanitas (melecehkan) demikian pula halnya dengan ungkapan makian son of the bitch yang bermakna ‘orang yang menjengkelkan (nasty) dan kurang ajar (rude). Namun dalam perjalanan waktu, s.o.b. terasa semakin lama semakin kurang ’gregetnya’ sebagai kata makian dan bahkan digunakan secara jenaka untuk menyebutkan orang-orang yang dekat dengan kita.

Singkatan-singkatan dalam bahasa Inggris di dalam wacana kontemporer amatlah beragam bentuk dan penggunaannya. Dia bisa menjelma menjadi akronim, bahkan bermetamorfosa menjadi bentukan kata baru ( sebagai contoh misalnya kata radar yang tadinya merupakan singkatan dari radio detection and ranging). Marilah kita melihat keunikan singkatan-singkatan ini dan penggunaannya pada pelbagai media komunikasi.


  • a.k.a. Ini adalah singkatan dari also known as bermakna ‘juga dikenal dengan nama’ atau alias,seperti pada kalimat According to police records he is Joe Smith a.k.a. “Baby Face Smith” (Berdasarkan catatan polisi dia adalah Joe Smith alias si Wajah Bayi Smith).
  • asap Singkatan ini mempunyai kepanjangan as soon as possible (sesegera mungkin) seperti pada kalimat Send this message asap to your client.
  • snafu Ini adalah singkatan yang naik derajatnya menjadi sebuah kata baru. Istilah yang pertama dipakai di dunia militer ini adalah singkatan dari situation normal all fucked up yang kurang lebih bermakna ‘kekacauan yang sudah dianggap biasa’. Kata ini sudah sangat lumrah dipakai di media cetak maupun media elektronik.
  • cc dan bcc Kalau kita mengirimkan e-mail maka selain kotak alamat terkirim,juga ada kotak cc dan bcc. Ini adalah singkatan dari carbon copy dan blind carbon copy. Dahulu kalau sebelum adanya komputer, apabila kita akan membuat tembusan dari surat resmi yang kita buat, maka akan digunakan ‘kertas karbon’ untuk menghasilkan beberapa surat yang sama (identik) dengan surat aslinya. Kalau pada carbon copy nama pihak-pihak yang menerima tembusan surat itu kita sebutkan, maka pada blind carbon copy nama pihak yang diberi tembusan surat itu,tidak disebutkan sama sekali. Seiring dengan pesatnya pemakaian komputer dan printer (dan semakin berkurangnya pemakaian mesin tik), maka cc sekarang lebih banyak dimaknai dengan courtesy copy.
  • iv line dan iv drip Dua istilah medis dengan singkatan iv ini bermakna ’selang infus’ dan ’tetesan infus’. Iv adalah singkatan dari intravenous (di dalam pembuluh darah vena) merujuk pada tempat dimana cairan infus itu dimasukkan. Contoh kalimat misalnya The patient was attached to the iv line.
  • uv light Bermakna ‘sinar ultra violet’. Sinar dengan panjang gelombang lebih pendek dari cahaya yang bisa terlihat oleh mata kita (visible light) mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia. Karena sifatnya yang menyebabkan ’ionisasi’ pada benda yang terkena uv light, maka dia digunakan untuk membunuh kuman didalam ruangan, juga untuk ’desinfeksi’ air minum, untuk mematikan kuman patogen dalam produk makanan sehingga dia tetap segar, untuk pengobatan penyakit kulit psoriasis dan vitiligo dan sebagainya.
  • otc drugs Singkatan dari over the counter drugs yaitu obat-obatan yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Di dalam istilah kita disebut dengan ’obat bebas’.
  • faq Ini adalah kependekan dari frequently asked questions (pertanyaan yang sering ditanyakan). Biasanya faq ini merupakan daftar pertanyaan berikut dengan jawabannya yang bisa dibaca dahulu sebelum kita mengajukan suatu pertanyaan (yang sama).
  • N/A Singkatan dari not available atau not applicable yang bermakna ’tidak ada data atau tidak ada keterangan’.
  • ceo Singkatan dari chief executive officer ini bermakna ‘pimpinan tertinggi dari suatu perusahaan, korporasi atau organisasi yang bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen.
  • cpr Singkatan medis yang sudah amat populer di khalayak ramai adalah kependekan dari cardiopulmonary resuscitation yaitu tindakan darurat pada ’gagal jantung’ atau ’gagal nafas’ dan di dalam istilah awam kita disebut ’pernafasan buatan’.
  • IDR Ini adalah kode tiga huruf untuk penyebutan mata uang rupiah sesuai dengan standar internasional ISO 4217. Dua huruf pertama mengacu pada nama negara dan huruf ke tiga mengacu pada nama mata uangnya. Kode ini dipakai untuk menghindari ’ambigu’ (kerancuan) dalam transaksi internasional dan digunakan pada bank, tiket pesawat dan sebagainya. Jadi untuk dollar Singapura disebut SGD, untuk dollar Canada disebut CAD, untuk yen Jepang disebut JPY, rial Saudi Arabia disebut SAR dan sebagainya.
  • APB Singkatan dari all-points bulletin yaitu jaringan penyiaran (broadcast) yang digunakan oleh badan penegak hukum di AS untuk mencari orang yang hilang atau diduga terlibat dalam kejahatan. Di dalam istilah kita kurang lebih sama dengan dpo (daftar pencarian orang). Contoh dalam kalimat : The suspected killer was put on the APB.
  • GP dan stat GP adalah singkatan general practitioner yang bermakna ’dokter umum’ sedangkan stat adalah singkatan dari statim yang bermakna ’segera’. Ungkapan stat ini dipakai di rumah sakit apabila kondisi pasien memerlukan penanganan segera dan dalam terminologi bahasa kita sering disebut cito.
  • PMS Singkatan dari premenstrual syndrome (sindrom pra menstruasi) yang sering ditandai dengan gejala mudah tersinggung (irritability),tegang (tension) dan tidak bahagia (dysphoria).
  • MP dan Mrs. MP adalah member of parliament (anggota parlemen), sedangkan Mrs. adalah singkatan dari Mistress. Yang unik, kata ini tidak lagi ditulis dalam bentuk ‘lengkap’nya (tetapi selalu disingkat), karena mistress sudah mempunyai konotasi lain yaitu ’istri simpanan’.
  • HQ dan pow Masing-masing singkatan dari headquarter (markas besar) dan prisoner of war (tawanan perang).


Dan yang terakhir adalah sebuah pertanyaan yaitu mengapa ukuran berat pound disingkat dengan lb ? Kedua kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu untuk pound berasal dari kata pondo (berarti ’beratnya’) sedangkan lb dari kata libra yang merupakan satuan berat yang dipakai di zaman Romawi. Apa alasan pound disingkat dengan lb sampai saat ini belum ada yang bisa menjawabnya.


Sumber : Gustaaf Kusno

{ 1 comments... Skip ke Kotak Komentar }

Anonymous said...

After getting more than 10000 visitors/day to my website I thought your duatigakilometer.blogspot.com website also need unstoppable flow of traffic...

Use this BRAND NEW software and get all the traffic for your website you will ever need ...

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

In testing phase it generated 867,981 visitors and $540,340.

Then another $86,299.13 in 90 days to be exact. That's $958.88 a
day!!

And all it took was 10 minutes to set up and run.

But how does it work??

You just configure the system, click the mouse button a few
times, activate the software, copy and paste a few links and
you're done!!

Click the link BELOW as you're about to witness a software that
could be a MAJOR turning point to your success.

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Copyright 23KM - Original Template by Himajiesized