Guestbook

Warung Internet

Fried chicken rasa SIMPING


Ingat pepatah yang mengatakan "Makanlah, agar anda bisa berfikir" (pepatah mana tuh??, maklumlah pepatah dadakan). Tapi ada benarnya kalau perut lagi kosong, pikiran pasti gak konsen (mau gimana bisa mikir, cacing teriak mulu). Semakin malam, udara memang tidak begitu bersahabat dan udara adalah salah satu pengaruh dari datang nya lapar, walaupun tadi udah makan tapi perasaan laper mulu, gak paham (emang udah turunan kali laper mulu). Gak ada jalan lain selain nyumpel mulut tuh cacing yang terus merengek, cari makan. Walaupun di dapur masih ada nasi plus lauk pauknya, tapi hati tidak mengizinkan otak untuk makan tuh nasi. Kopi dan rokok sudah tersedia, tapi kalau sama nasi kayaknya kurang pas.

Tadinya sih mau goreng pisang (lumayan pisang dapet dari kebon) tapi terigu gak gableg, ke warung males. Ya wis, cari yang lain. Mata tertuju pada satu buntel plastik hitam kiriman dari wa' diyoh, perlahan-lahan saya dekati, dan dengan hati-hati saya buka ikatanya, dan apa yang terlihat didalam plastik tersebut......ta daaaaaaaaaa.....bubuk simping euy (wkwkwkwk). Bubuk simping atau sisa/ampas potongan simping.

Purwakarta memang terkenal dengan simping nya, salah-satu ciri khas makanan Purwakarta. Rasa bermacam-macam, mulai dari rasa kencur sampai duren ada di situ. Kalau mendengar kata simping, tempat pertama yang terfikir adalah KAUM. Tempat produksi terbesar, dan dibilang pertama. Kaum, nama salah satu tempat di pusat kota (alun-alun) diantaranya ada Kaum Kaler dan Kaum Kidul. Kenapa di sebut Kaum gak Chicago (biar rada kerenan dikit), jawabannya tanyakan pada rumput yang bergoyang (gua kagak tau....hahaha).

Dari sisa simping tersebut, kepikiran mau diapain nih, berfikir sejenak walau otak gak bisa konsen (maklum lagi laper). Dan dari hasil musyawarah terjadi mufakat, "KITA GORENG SAJA". Ya sudah, para pahlawan yang kelaparan pun beraksi mengambil senjata pamungkas nya masing-masing, mulai dari panci, sampai ulekan. Kata temen sih, "Lebih baik berantem sama preman daripada sama orang yang laper". Orang yang lagi kelaparan memang sangat ganas, ganas melebihi buaya, maen sikat aja. Kata-kata sakral ketika masak sering keluar, "siaaaa, setaaaan, koploook". Semua bahasa menjadi satu. Ada kecoa maen injek, ada kopi maen uyup....ganas pokonya.

Inilah hasil memasak dari bapak-bapak calon kepala keluarga yang sedang kelaparan, beberapa tips memasak dari sisa simping.
Bagi ibu-ibu silakan ambil catatannya kalau ingin mencatat, saya tungguin deh,.....
.....L.O.A.D.I.N.G..........
Kalau sudah silakan simak dengan seksama dan hati-hati (awas ngences, jaga mulut jangan terus terbuka).


Fried Chicken rasa Simping

Bahan :
- Sisa simping
- Minyak goreng
- Air panas
- dan satu lagi jangan lupa, ada kompor.


Cara :
1. Masukan sisa simping di sebuah mangkok (baskom juga boleh...wkwkw), siram pakai air panas, aduk rata.
Ingat, jangan pakai air dingin, ntar kasian simping nya kedinginan.


2. Buat bulat-bulat seperti bola. Sebelumnya cuci tangan yang bersih, 2 jam kalau perlu. Kalau tidak, tangan yang bekas sisa garuk-garuk daerah sensitif dan ternyata tercampur dengan makanan dapat mengakibatkan infeksi lambung dan mulut (tangan daki doang...waduuuuh)

3. Kalau sudah dibuat seperti bola, campur dengan sisa simping yang masih utuh (belum di campur air)... geleng-geleng deh.

4. Panas kan minyak goreng, dan celupkan hasil dari geleng-geleng bola simping tersebut. Tunggu hingga warna berubah kecoklat-coklatan. Angkat, dan tiriskan.



5. Untuk hasil yang lebih nikmat, tambahkan saos atau sambal kacang.


Kalau sudah digoreng, hasilnya gak jauh model fried chiken, cuma rasanya doang yang beda (jauuuuh).



WARNING:
Pada poin 3, bila adonan telah di buat seperti bola jangan lupa menaburinya dengan sisa simping yang masih utuh.
Kalau tidak, hasilnya akan mengecewakan dan orang yang melihat pasti akan mengatakan seperti yang telah terjadi waktu itu, "Jiga waduk eta mah rap !!".

Coba kita lihat bagaimana bentuk yang dikatakan "jiga waduk" itu :



Enak aja makanan di sebut "jiga waduk"...."beunget sia tah jiga waduk".
Tapi kalau diteliti, kayak nya bener juga, sama persis.

SELAMAT MENIKMATI !!




















{ 0 comments... Skip ke Kotak Komentar }

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Copyright 23KM - Original Template by Himajiesized